Dosen Digital PR Telkom University (Tel-U) Adakan Penelitian “Pola Penggunaan Media Digital di Kehidupan Remaja Kabupaten Bandung

Dosen Digital PR Telkom University (Tel-U) Adakan Penelitian “Pola Penggunaan Media Digital di Kehidupan Remaja Kabupaten Bandung”

 

Saat ini teknologi digital memegang peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa kita sadari, semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh hal yang namanya internet. Bahkan dari data statistik indonesia, disebutkan bahwa pengguna media Internet terbesar adalah usia produktif yang paling dominan dalam pengguna internet. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hampir separuh dari total pengguna internet di Indonesia merupakan masyarakat dalam kelompok usia 19-34 tahun (49,52%). Sementara pengguna terbanyak kedua merupakan kelompok usia 35-54 tahun (29,55%). Kelompok usia 13-18 tahun (16,68%), dan pengguna dengan usia di atas 54 tahun (4,24%). Dari paparan data tersebut, dapat kita ambil sinopsis bahwa pemuda pemudi lah yang menguasai era digital dan perkembangan informasi saat ini, baik itu Informasi yang positif maupun yang negatif.

Hal inilah yang membuat tim Dosen Prodi Digital PR Tel-U melakukan sebuah penelitian. Dan kemudian yang menjadi objek bahan sampel nya adalah siswa-siswi SMAN 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

 

Salah satu Dosen Digital PR Tel-U, Hadi Purnama, mengatakan, “Tujuan diadakannya kegiatan Focus Discussion Group (FGD) ini adalah sebagai bentuk tolak ukur yang digunakan oleh akademisi khususnya dosen digital pr, untuk melihat sampai dimana para remaja akan ketergantungan pada teknologi, dan penggunaan media digital. Sehingga dengan teknologi tersebut, apakah ia melepas kehidupannya yang kodratnya sebagai makhluk sosial akan menjadi pemuda pemudi yang anti sosial, dan individualis akibat ketergantungan medsos.” Di sisi lain, akan kah dengan ketagihan media sosial ini dapat menunjang prestasi pemuda-pemudi untuk menjadi generasi muda yang kreatif dan inovatif. Jawaban dari hasil FGD ini nantinya akan merefleksikan sebagian peran teknologi digital bagi para pemuda di Kabupaten Bandung.

Setelah kegiatan FGD ini selesai, akan dikumpulkan hasil  semua notula dan hasil diskusi para peserta. Setelah itu pihak dosen dibantu dengan beberapa mahasiswa nantinya akan melakukan analisis mendalam terkait perkembangan penggunaan digital media kedepannya. Sehingga nantinya apakah dengan berkembangnya teknologi meningkatkan minat belajar siswa atau malah membuat mereka menjadi malas dan apatis terhadap lingkungannya. Karena tanpa kita sadari tantangan kedepan semakin berat, oleh karena itu agar generasi muda kita tidak tertinggal jauh dengan generasi muda negara lain, diharapkan peran akademisi untuk mengedukasi sarana teknologi digital yang mulanya konsumtif menjadi produktif.

 

Acara yang berlangsung pada Rabu 4 September 2018 diikuti oleh 14 siswa SMA Negeri 1 Dayeuh kolot Kabupaten Bandung yang berlangsung di Meeting Room Gd.Manterawu Lt 2. Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University, Bandung. Acara FGD ini ditutup dengan Foto Bersama siswa-siswi SMAN 1 Dayeuh Kolot dengan tim dosen Digital PR Tel –U.**

 

 

 

Reporter    : Hashim Thaci S.Pane

Kameramen : Hashim Thaci S.Pane, Indra Lukman

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *