Pengabdian Masyarakat Program Studi Digital Public Relations Telkom University ke RA/TPA Nafilatul Husna Rancaekek Dengan Tema “Pelatihan Public Speaking”

Bandung, 31 Oktober 2019 – jajaran staff pengajar (dosen) Program Studi (prodi) Digital Public Relations (Digital PR) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswanya dengan mengusung tema “pelatihan public speaking” kepada staff pengajar (guru) di RA/TPA Nafilatul Husna Rancaekek. Acara ini diadakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan dapat menjadikan guru di RA/TPA Nafilatul Husna yang sebelumnya masih kesulitan ketika berbicara dihadapan khalayak banyak menjadi lebih mudah dan lebih terbantu ketika sedang dalam kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan berdasarkan keresahan yang terjadi di lingkungan pengajar RA/TPA Nafilatul Husna yang masih kesulitan dalam hal berbicara di depan publik terutama membuat para siswanya tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. Penyelenggara kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di pimpin oleh Dr. Amalia Djuwita, M.M dengan melibatkan dosen yang lainnya beserta mahasiswa menjadikan acara ini lebih berwarna karena kegiatan ini juga dapat menjalin kekeluargaan dan kerjasama antara prodi Digital PR dengan RA/TPA Nafilatul Husna. Acara ini dibuka dengan pembukaan oleh mc yaitu Sri Nursyifa Haendarri dan dilanjutkan dengan sambutan oleh penyelenggara acara Dr. Amalia Djuwita, M.M. lalu dilanjutkan dengan sambutan dari pendiri RA/TPA Nafilatul Husna yaitu Undang Suryaman. Dan sebelum masuk ke pembekalan materi, dilakukan pembacaan doa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Adyatma Maulana Wiryawan agar kegiatan berlangsung dengan hikmat dan lancar.

Dilanjutkan dengan pembekalan materi yang diisi oleh Martha Tri Lestari, S.Sos, M.M tentang bagaimana seorang pembicara harus mampu menutupi kekurangannya ketika sedang berbicara di depan khalayak, dan mampu menangani serta mengontrol audiencenya supaya perhatiannya tetap tertuju pada pembicara sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Disela – sela pemberian materi, pembicara juga melakukan praktek dari materi yang diberikan melalui games yang interaktif sehingga peserta tidak merasa bosan dan lebih santai dalam menerima materi yang diberikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan para guru yang mengajar di RA/TPA Nafilatul Husna dalam hal berbicara di depan publik, dalam hal ini yaitu berbicara di depan para siswa – siswinya sehingga timbul umpan balik sesuai yang diharapkan dan materi yang disampaikan oleh para guru dapat lebih mudah dipahami dan lebih efektif dalam penyampaian serta penerimaan bagi siswa – siswinya.

Di penghujung acara prodi Digital PR memberikan plakat sebagai bentuk pernyataan kerjasama antara RA/TPA Nafilatul Husna dan juga beberapa merchandise bagi peserta yang hadir. Kemudian acara ini berakhir dengan foto bersama dan makan hidangan buka puasa bersama yang disiapkan oleh pihak RA/TPA Nafilatul Husna.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *