Pengabdian Masyarakat Program Studi Digital Public Relations Telkom University ke RA/TPA Nafilatul Husna Rancaekek Dengan Tema “Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Online”

Bandung, 31 Oktober 2019 – Program Studi (Prodi) Digital Public Relations (Digital PR) Universitas Telkom mengadakan kegiatan ke RA/TPA Nafilatul Husna Rancaekek sebagai bentuk dari pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya, kegiatan ini dipimpin oleh salah satu dosen di prodi Digital PR yaitu Martha Tri Lestari, S.Sos, M.M yang melibatkan beberapa jajaran staff pengajar (dosen) yang lainnya termasuk juga dosen tetap prodi Digital PR yang baru dan juga melibatkan mahasiswa Prodi Digital PR Universitas Telkom dengan mengangkat tema “pelatihan pengembangan kewirausahaan online” yang bertujuan untuk membuat peserta dari staff Pengajar (guru) di RA/TPA Nafilatul Husna lebih melek digital dan mampu berwirausaha dengan memanfaatkan media online sebagai wadah berwirausaha.

Kegiatan ini diawali dengan dosen dan mahasiswa berkumpul di ruangan prodi Digital PR pada pukul 07.30 mempersiapkan barang – barang yang akan dibawa dan melakukan briefing sebelum berangkat ke RA/TPA Nafilatul Husna. Kemudian setibanya disana dosen dan juga mahasiswa prodi Digital PR bergegas melakukan persiapan sebelum acara dimulai dan peserta datang. Juga disana dosen dan mahasiswa di suguhi berbagai macam snack pembuka berupa jajanan pasar sehingga suasana yang terjalin sangat ramah dan menyenangkan.

Kegiatan dimulai setelah peserta hadir, kemudian acara dimulai dengan pembawa acara yaitu Klara Tania (mahasiswa Digital PR) mulai membacakan rundown acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Martha Tri Lestari, S.sos, M.M. Kemudian sambutan yang kedua disampaikan oleh Undang Suryaman selaku pemilik dan pendiri RA/TPA Nafilatul Husna. Lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan doa sebelum pemberian materi dimulai oleh Adyatma Maulana (mahasiswa Digital PR).

Pembekalan materi dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi yang pertama diisi oleh Razie Razaq, S.sos, M.Ikom selaku pembicara dengan mengangkat sub tema “Bisnis Online” yang menjelaskan tentang bagaimana cara berjualan melalui media sosial, lalu pada sesi selanjutnya diisi oleh Choiria Anggraini, S.Ikom, M.Ikom selaku pembicara yang menunjukkan cara – cara memakai media sosial sebagai wadah untuk berwirausaha dengan menggunakan foto dan caption yang tentunya harus mampu menarik minat orang yang melihat postingan di sosial media pemilik usaha tersebut. Dalam penyampaian materinya Choiria Anggraini, S.Ikom, M.Ikom menggunakan praktek dengan menantang peserta di RA/TPA Nafilatul Husna untuk mengunggah foto dan kata – kata yang dapat menarik minat pembacanya kemudian apa yang diunggah akan di lombakan dan dinilai oleh peserta dan juga dosen serta mahasiswa prodi Digital PR sehingga peserta menjadi lebih antusias.

Kemudian di penghujung acara, para peserta diberikan hadiah oleh dosen prodi Digital PR karena antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan ini. Dan kemudian prodi Digital PR memberikan plakat sebagai bentuk kerjasama yang baik antara RA/TPA Nafilatul Husna dan prodi Digital PR Universitas Telkom, begitu pula sebaliknya. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan jamuan makan besar yang telah disiapkan oleh pihak RA/TPA Nafilatul Husna.  

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *